Kegiatan menggambar bebas di TK Idhata - Bondowoso menggunakan model pembelajaran kelompok
Kegiatan membaca / tebak kata dengan cara menempel
Berdasarkan pengalaman mengajarku baik di tk
dharma wanita curahdami, Pembina tlogosari, dan idhata –Bondowoso menggunakan
model pembelajaran kelompok, sedangkan di ananda skb menggunakan model
pembelajaran BCCT (Beyond center and circle time) atau Seling (Sentra lingkaran). Saat ini di TK Idhata jumlah murid 30 anak,
dan untuk kegiatan menari, music angklung, bahasa inggris untuk anak, menyanyi
serta senam baik kelompok A maupun kelompok B pelaksanaan pembelajarannya
digabung dipandu oleh Bu Luluk S.Pd. walaupun terkadang sertifikat senam tidak
diberikan kepada saya, tapi diberikan kepada p Heri. Itu terkait masalah
kebijakan/keputusan kepala tk. Kali ini kita akan membahas model pembelajaran
kelompok
ADAPUN
MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN DI TK:
1.
Model pembelajaran klasikal: suatu
pembelajaran dimana kegiatan yang sama dilakukan oleh seluruh anak dalam 1
kelas dalam waktu yang sama.
2.
Model pembelajaran kelompok dengan
kegiatan pengaman: Dalam pembelajaran ini anak dibagi menjadi 3 kelompok,
masing-masing kelompok melakukan 2-3
kegiatan yang berbeda.
3.
Model pembelajaran berdasarkan
sudut-sudut: sudut-sudut kegiatan merupakan pusat kegiatan, alat kegiatan
bervariasi disesuaikan dengan tema dan sub tema
4.
Model pembelajaran Area: lebih
memberikan kesempatan pada anak dalam memilih kegiatan sendiri sesuai minat
untuk memenuhi kebutuhan anak dan menghormati keragaman budaya serta menekankan
pada pengalaman belajar bagi setiap anak.
5.
BCCT (Beyond center and circle time):
pembelajaran dilakukan dalam lingkaran dan sentra bermain. Sentra bermain merupakan zona bermain anak
yang dilengkapi dengan alat bermain.
Langkah-langkah
model pembelajaran kelompok:
1.
Kegiatan awal/pendahuluan:
membangkitkan motivasi agar peserta didik siap dan antusias mengikuti kegiatan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti: memberikan 2-3
kegiatan/tugas yang menyenangkan kepada
anak, merupakan proses utk mencapai standar perkembangan
3.
Istirahat
4.
Kegiatan akhir: kegiatan yang
dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran, berisi Tanya jawab kegiatan
yg telah dilakukan anak pada hari itu, kesulitan anak dan kesimpulan sebagai
umpan balik
METODE
PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK
1.
Bercerita
a.
Bercecita dengan alat peraga langsung
b.
Bercerita dengan boneka tangan
c.
Bercerita dengan papan flannel
d.
Mengurutkan dan menceritakan gambar
seri
e.
Dramatisasi
f.
Bercerita dengan kartu gambar
g.
Bercerita dengan gambar
h.
Bercerita dengan wayang
i.
Permainan tebak cerita
2.
Tanya jawab
Metode Tanya jawab dilaksanakan
dengan cara mengajukan pertanyaan tertentu pada anak didik ( untuk mengetahui
pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh anak, member kesempatan untuk
bertanya, mendorong keberanian mengemukakan pendapat)
3.
Bercakap-cakap
Bercakap-cakap atau Tanya jawab
dapat dilaksanakan dalam bentuk:
a.
Bercakap-cakap bebas
b.
Bercakap-cakap menurut tema
c.
Bercakap-cakap berdasarkan gambar seri
4.
Pemberian tugas (anak langsung
praktek)
5.
Karya wisata (Mengajak anak
mengunjungi objek-objek yang sesuai
dengan tema missal: mengunjungi kantor pos)
6.
Demonstrasi (guru praktek dulu: menggosok gigi, mencuci
tangan, merangkak, melompat dsb)
7.
Bermain peran (sosio drama: Bermain
menolong anak yang terjatuh, jadi tentara, guru, dokter dsb)
8.
Metode proyek (memberikan kesempatan
pada anak menggunakan alam sekitar sebagai bahan pembahasan melalui berbagai
kegiatan)
9.
Eksperimen/percobaan (memberikan
pengalaman pada anak terhadap sesuatu yang diamati. Contoh: balon ditiup, warna
dicampur dsb)
MACAM-MACAM
ALAT PENILAIAN:
1.
Observasi: adalah pengumpulan data
untuk mendapatkan informasi tentang sikap dan prilaku anak
2.
Percakapan: dilakukan guru untuk
mendapatkan informasi tentang pengetahuan/pengalaman anak mengenai suatu hal
3.
Penugasan: harus dikerjakan anak didik
dalam waktu tertentu baik secara perorangan maupun kelompok untuk menyelesaikan
sesuatu
4.
Unjuk kerja: Penilaian yang menuntut
anak didik untuk melakukan tugas dalam perbuatan yang dapat diamati guru (
Menyanyi, memperagakan sesuatu, menari dsb)
5.
Hasil karya: hasil karya anak didik
melakukan sesuatu kegiatan dapat berupa pekerjaan anak (karya seni)
6.
Catatan Anekdot: adalah catatan
tentang sikap dan prilaku anak secara khusus / peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba (incidental)
7.
Portofolio
8.
Instrument standar (mendeteksi tumbuh kembang anak / kecerdasan)
CONTOH
SIMBOL YANG DIGUNAKAN UNTUK MENILAI ANAK
BB (Belum Berkembang) : * 1
MB (Mulai Berkembang) : ** 2
BSH (Berkembang Sesuai Harapan) :
*** 3
BSB (Berkembang Sangat Baik) :
**** 4
1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar